Travelogue

Dalam Kata Terdapat Berbagai Makna, Dalam Makna akan ada Banyak Cerita

Hedonis & Borjuis November 1, 2012

Filed under: Refleksi — bbbeeeuuuhhh @ 08:36

Seperti biasanya, setelah kuliah selesai waktu aku habiskan untuk pergi ke DPR di kampus, sedikit berbincang dan berdiskusi. sungguh luar biasa, DPR sekarang ini sudah banyak memberikan ilmu kepadaku, ilmu yang teman-teman sharingkan kepadaku.

Hedonis, hari ini ilmu yang aku dapati adalah tentang hedonis.
Jadi, apa sih hedonis itu?

Menurut Wikipedia Hedonis itu adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.[1]

Sedangkan temanku berpendapat bahwa hedonis itu sifat berlebihan, berlebihan dalam segi finansial, mereka yang hedon biasanya suka menghambur-hamburkan uang.

Lalu, apa bedanya dengan borjuis?

Borjuis adalah mereka yang berkehidupan layak, memiliki ekonomi yang diatas rata-rata.

lalu apa bedanya hedonis dan borjuis? Toh mereka yang borjuis juga banyak menghamburkan uang, membeli mobil mercy padahal menggunakan carry juga sama saja, sama-sama digunakan untuk berkendara.

disini lah bedanya, tidak selamanya kaum borjuis itu mereka yang selalu menghamburkan uang, membeli sesuatu yang tidak perlu. banyak juga kaum borjuis yang memikirkan kepentingan selain untuk dirinya, lagipula untuk apa uang banyak-banyak di cari kalau pada akhirnya hanya untuk di timbun dan tinggal dirumah gubuk, toh mencari uang itu pada akhirnya untuk memberikan kebahagiaan buat keluarga, orangtua, saudara, dan memberikan lapangan kerja untuk orang lain (pembantu) yang pada akhirnya membantu juga untuk kebahagiaan dan kehidupan orang lain. Jadi, kebahagiaan yang dicari bukan hanya untuk sendiri. tapi usaha untuk membahagiakan orang lain. Lagipula banyak juga kaum borjuis yang berkehidupan sederhana, seperti teman saya sewaktu SMA orang tuanya sangatlah berkecukupan, memiliki tempat les terkemuka, tapi dirumahnya tidak memiliki tv, anaknya pun pergi ke sekolah menggunakan sepedah. Jadi, mereka yang borjuis belum tentu hedonis.

Mereka yang hedonis juga belum tentu borjuis, karena bagi mereka yang kurang dalam finansial tetapi tetap memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang berlebihan dan tidak penting, bahkan sengaja untuk berhutang untuk memenuhi hasratnya dalam membeli barang ini itu untuk berfoya-foya untuk kesenangan pribadi.

kebalikan dari borjuis adalah utilitarianisme (Utilitarianisme merupakan suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang berguna, berfaedah, dan menguntungkan.[1] )

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s