Travelogue

Dalam Kata Terdapat Berbagai Makna, Dalam Makna akan ada Banyak Cerita

Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika August 19, 2012

Filed under: Informatika — bbbeeeuuuhhh @ 14:56

Hari ini tepat tanggal 1 syawal 1433 H. Silaturahmi di hari ini sangat penting untuk dilakukan, walaupun sebenernya sih silaturahmi itu ga perlu menunggu untuk datangnya bulan Ramadhan. Naahh.. karena tradisi silaturahmi salam-salaman di bulan Ramadhan walhasil datanglah saudara-saudara saya ke rumah. Dari obrolan ringan yang dilakukan, lama kelamaan munculah perdebatan tentang hal-hal kecil. Perdebatan kecil itu salah satunya adalah tentang perbedaan ilmu komputer dan teknik informatika. Disinilah awal mula mengapa saya ingin menuliskan apa perbedaan ilmu komputer dan teknik informatika.

Bertele-tele (ˇ_ˇ”), oke langsung saja.

sebelum mengetahui apa perbedaan dari kedua-nya, sebaiknya kita perlu mengetahui apa yang dipelajari dari bidang tersebut. secara singkat yang dipelajari adalah:

Ilmu Komputer : Mempelajari tentang software & hardware komputer

Teknik Informatika : Mempelajari tentang software komputer

Teknik Komputer : Mempelajari tentang hardware komputer

Jadi, seperti apa yang telah saya coba paparkan secara singkat tentang hal yang dipelajari dari bidang-bidang tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang semua hal dari komputer, baik itu software maupun hardware-nya. Bisa dikatan cabang dari ilmu komputer ini adalah Teknik Informatika dan Teknik Komputer. Teknik Informatika yang membahas tentang software dari komputer (baik itu yang berkaitan dengan sistem informasi, design, jaringan, dll), Sedangkan Teknik Komputer membahas tentang hardware dari komputer.

Jadi, salah untuk temen-temen yang merasa kalo anak informatika itu bisa memperbaiki komputer yang rusak (rusak pada bagian hardware, contohnya rusak lcd, keyboard, batery, dll) karena anak informatika pada praktek-nya tidak mendapatkan pembelajaran pada hardware, meskipun ada itu adalah untuk mengetahui untuk meningkatkan kinerja dari sebuah komputer (organisasi arsitektur komputer). Untuk itu, apabila komputer kamu rusak gara-gara terjadi masalah pada bagian hardware, coba tanyakan pada teman-teman Teknik Komputer, mereka akan lebih memahaminya.

 

sekian dari saya, apabila ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wabillahitaufik walhidayah, Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..

(Edisi Lebaran)

 

2 Responses to “Perbedaan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika”

  1. gan blh minta pndapat ga?
    gan ane bingung ne, ane lulusan TKJ, mu lanjut kul taon depan, tp ane bingung dg sub jurusan Komputer.
    Ane suka yg brhub dg (LAN/WAN/VLAN/Routing/
    Firewall) trus ane pngn kul yg bsa dapet sertfkt ccna-ccnp, kra2 yg dpt sertifikat itu yg jur apa ya?

  2. bbbeeeuuuhhh Says:

    kalo menurut saya, mending ambil jurusan teknik informatika aja, di sana ada Jaringan sebagai penjurusannya yang ada hubungannya sama LAN/WAN/VLAN/Routing dkk. Di beberapa kampus penjurusan biasanya ada di semester 3.
    Kalo untuk dapetin sertifikat ccna/ccnp sendiri saya belum pernah coba, tapi dapet informasi kalo mau ujian Cisco Certification bisa hubungi Pearson Vue Testing Center, ato bisa liat informasinya di website sisco.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s